Monday, July 23, 2007

Assalaamu'alaykum Tidaklah Sama denga "Ass"

Diriwayatkan dari Ibnu Jabir dengan sanad dari Salman Al Farisi:"Seorang lelaki datang kepada Nabi Salallahu'alaihi wasallam dan mengatakan, 'Assalaamu'alaika ya Rasulullah.'(Semoga keselamatan bagimu wahai Rasulullah). Beliau menjawab, ''Alaikassalam warahmatullah.' (semoga keselamatan dan rahmat Allah atasmu pula). Kemudian ada seorang lelaki lain yang datang kepada Rasulullah Salallahu'alaihi Wassalam dan mengatakan, 'Assalaamu'alaika ya Rasulullah warahmatullah.'(Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu wahai Rasulullah). Rasulullah menjawabnya,'Alaikasalam warahmatullah wabarakatuh.'(semoga keselamatan, rahmat, dan barakah Allah dilimpahkan kepadamu). Kemudian lelaki lain datang dan mengatakan, 'Assalaamu'alaika ya Rasulullah warahmatullah wabarakatuh.' (semoga keselamatan bagimu wahai Rasulullah, begitu pula rahmat Allah dan barakahNya). Beliau menjawab, 'Wa'alaika.' (Demikian juga untukmu). Seorang lelaki berkata kepada beliau, 'Wahai Nabi Allah, demi ayah engkau, dan ibuku, telah datang kepadamu Fulan dan Fulan lantas mengucapkan salam kepadamu, maka engkau membalasnya lebih banyak dari balasanmu kepadaku,' Kata beliau. "sesungguhnya engkau tidak meninggalkan sesuatu pun terhadapku. Allah subhanahu wata'ala berfirman: 'Apabila kalian dihormati dengan sebuah penghormatan maka jawablah dengan penghormatan yang lebih baik, atau yang sepertinya,' maka ayat ini kami ketengahkan lagi kepadamu."" (Menjadi Muslim Kaffah, Dr. Ahmad Umar Hasyim)---
Dulunya saya gak memikirkan singkatan-singkatan apa yang saya pakai dalam "bahasa komunikasi instant" saya (istilah bikinan sendiri). Termasuk juga kata Ass, Aww, Assww, Aslmlkm, dan sebagainya sering saya gunakan. Barulah seorang teman menegur saya. Waktu itu, jujur sebagai mahasiswa bahasa inggris, malu juga rasanya. ---Memang apa itu Ass?---Kadang ketika mengetik bahasa-bahasa instant itu...kita (mungkin termasuk saya) sering berpikir, ah...yang penting si penerima ngerti lah maksudnya. Susah amat nyoal bahasa. Atau sekedar karena alasan malas mengetik...mengirit pulsa...dan lain-lain. Banyak lah alasannya. Tapi semenjak mengetahui arti "Ass" yang awalnya saya artikan Assalaamu'alaikum itu...sungguh saya tidak mau lagi menggunakan alasan-alasan di atas.Waktu itu teman saya berkata, "Apa arti Ass? Itu kan Bahasa Inggris? Artinya pantat! Bukan Assalaamu'alaikum. coba buka di kamus."Di rumah, saya buka 'pocket dictionary' saya...jelas saja tidak ada di sana. hehe...kata itu tidak ada dalam kamus cacah gori itu. barulah saya meyakini kata-kata teman saya ketika dalam sebuah film...terdapat adegan makhluk aneh yang masuk ke dalam (afwan) pantat si tokoh. Segera tokoh itu dilarikan ke ruang gawat darurat. Teriaknya, "DON'T TOUCH MY ASS!!"Masih seperti itu saja usaha saya, sampai saya meyakini arti Ass yang tidak sopan. Sejak itu saya tidak mau lagi memakainya. Pokoke selain Ass lah...klo bisa yang rada lengkap...Sampai akhirnya, saya pernah menyampaikan hal itu kepada teman saya. Ketika saya katakan arti Ass yang buruk itu, katanya "yang bener? ah ...ngarang...mana ada kata Bahasa Inggris seperti itu?" Barulah saya benar-benar membuka Kamus Oxford Gedhe (advanced!)-nya AS Hornby saya, demi meyakinkan teman itu. Wow...lebih banyak arti tentunya :)ass (1)/n 1.(also a donkey) an animal with long ears related to the horse. --->keledai. 2.a stupid person; a fool ----> orang yang bodoh.ass (2)/n (US) = ARSEarti arse:arse (US ass/n) 1.a) the part of the body one sits on; the bottom (bagian tubuh yang diduduki; pantat). b) the ANUSTeman saya masih berkomentar..."ah masak sih? kok jelek semua? coba cari yang lain yang bagus? .... Terus pake apa?""Salam saja kan singkat klo memang malas nulis.""Ah nanti balasnya juga 'cuman' salam dong? salam...salam..."Alhamdulillah, saya kemudian menemukan jawaban itu...:)Surah Yaasiin ayat (58): "(Kepada mereka dikatakan), 'Salam', sebagai Ucapan Selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang."
Yuk saling mendoakan dengan kata-kata yang lebih bagus aja ya....:)

No comments: