Saturday, December 24, 2005

THE NEW ME IN THE NEW YEAR

(evaluasi diri tahun bari)
Tahun baru. Hal yang mungkin udah dinanti-nantikan banyak orang. Buat aku, sebenernya tahun baru tuh bukan hal yang spesial, yang musti dirayain rame-rame bareng temen-temen atau orang terdekat kita. Tahun baru buat aku adalah kesempatan kita buat evaluasi diri. Banyak yang melakukan evaluasi selain aku. Misalnya perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah, dan tentunya aku berharap banyak orang yang melakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan.

Tahun baru itu kesempatan kita untuk menilik lagi apakan tujuan akhir hidup kita udah bener? Misalnya tahun kemarin aku punya target untuk jadi juara kelas. Apa targetku udah aku dapet tahun ini? Trus, berapa persen dari semua target tahun lalu yang udah tercapai dan berapa yang belum? Aku perlu bikin evaluasi tentang itu. Trus, nata rencana dan target untuk tahun depan. Kalo tahun kemaren aku cuman pengin jadi juara kelas, sekarang aku punya target untuk jadi juara parallel misalnya.

Tahun baru buat aku saat-saat yang indah juga buat ngenang setahun yang udah berlalu. Misalnya, tahun ini aku dapet banyak hal spesial yang dikasih Tuhan dan aku belajar banyak hal baru. Misalnya gimana aku bisa nerima kenyataan, kalau nggak semua keinginan dan harapan kita tuh musti tercapai and terturuti. Kutipan ini aku dapet dari Ayahku waktu beliau bilang, “Yah…maklumlah Yan, Ayah juga tahu kok gimana rasanya kecewa. Waktu kecil Ayah juga sering kecewa. Tapi kan nggak papa. Nggak semua keinginan itu harus dituruti.”

Trus aku juga dapet pelajaran kalau materi itu nggak seberapa penting daripada…banyak hal. Persahabatan misalnya. Atau dukungan orang-orang yang nggak bisa dibayar dengan uang. Ini aku dapetin waktu aku cuman jadi juara III di suatu lomba. Ya, sempet kecewa juga. Tapi nggak aku sangka-sangka, aku nemuin hal baru kalau ternyata banyaaak banget orang yang dukung aku. Dari temen-temen sekelas, guru-guru, sampe petugas TU yang aku nggak kenal dia pun kasih dukungan buat aku. Berapa rupiah tuh dukungan bisa dihitung? Nggak bisa dong. Dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa aku petik selama setahun ini. Yah, setahun ini bikin aku lebih kaya and dewasa, daripada setahun yang sebelumnya.

Tahun baru juga waktunya aku buat bikin pengakuan atas kesalahan and dosa-dosa aku buat jadi “aku yang baru”. Misalnya tahun lalu aku pernah pinjem kartu perpustakaan temenku tanpa ijin and bikin dia kalang kabut nggak karuan. Itu semua tuh inisiatif temenku. Tapi aku nggak bisa nyalahin siapapun. Salah atau nggak kan pilihanku sendiri. Kenapa aku mau coba? Akhirnya aku harus ngerasa berdosa banget. Dan aku belajar buat ngeakuin kesalahan (tanggung jawab man!).

Trus, ada hal spesial yang aku dapet selama setahun ini. Aku dapetin Ayahku tuh perhatiaaaan banget sama aku. Aku juga nggak tahu Ayahku kena sambet apa (na’udzubillah). Tapi beliau tuh bener-bener hebaaaat banget. Maniiiis banget. Aku suka banget deh.

Nah, untuk nata tahun depan aku musti bisa kasih balasan buat sikap semua orang sama aku. Dan aku musti jadi The Better Me! buat tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Ada dua pilihan untuk tahun depan, buat siapa pun yang mau evaluasi diri. Simple aja kok. Jadi lebih baik atau lebih buruk. Kata Sean Covey (aduh aku tergila-gila sama dia apa yah? Aku ambil intinya aja yah), mau jadi apapun kita itu pilihan kita. Jadi, jangan sampe nyalahin siapapun seandainya tahun depan kita jadi the worse us. Karena itu kan pilihan kita juga. Maka dari itu, kenapa kita musti bikin rencana buat tahun depan yang lebih baik. Jangan sampai deh, tahun depan kita masih jadi tukang niru. Tahun ini kita musti jadi orang yang bisa kita banggakan. Artinya, tahun depan kita musti bangga sama diri kita dengan segala yang udah dikasih Tuhan buat kita. Kalau tahun lalu kita masih ngerasa didikte sama ortu, pacar, temen, atau orang lain di sekitar kita, tahun ini kita musti independen.

Kalau tahun lalu kita masih ngerengek-rengek minta ini-itu sama ortu, tahun ini kita musti bisa buat lebih ngerti ortu and ngehormatin mereka. Kalau bisa, kita tunjukin kalau kita bisa dapet apa yang kita pengin by our selves. Bantu ortu juga kan?

Trus, kita juga musti kumpulin semua masukan-masukan buat bangun diri kita sendiri. Misalnya tahun lalu aku dibilang kalau lagi sibuk suka nggak pedulian. Tahun ini aku musti gimana? Lebih bisa ngatur antara pribadi dan sosial dong. Boleh sibuk tapi nggak lupa temen. Trus kalau tahun ini kita dapet kritik pedes dari guru katanya kita selengekan, tahun ini aku jadi the better student!

Oh iya, tahun ini aku dapet PR untuk bikin klub karya ilmiah di sekolah. Aku juga musti bikin action plan juga dong biar nggak amburadul and bisa jadi klub yang baik. So, udahan dulu yah…!

No comments: