Friday, August 26, 2005

tak kenal maka tak sayang

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG
“Vi, sholat yuk!” kata Nisa kepada Vivi sepulang sekolah.

“Ntar ah! Di rumah aja.” Jawab Vivi.

“Kalo sampe rumah dah Ashar gimana?” Tanya Nisa.

“Dijamak aja.”

Lain hari Nisa mengajak Tita, “Ta, Sholat dulu yuk!” jawab Tita.

“Gue tunggu aja deh! Lo kayak gak tau gue aja. Panas dong, kalo kebakar gimana? hehe…..” canda Tita.


Dua kisah di atas cuman sekelumit kisah yang bisa kita jadikan contoh buat menilik gaya remaja saat ini (ups….yang gak termasuk jangan marah yah). Kalo kita mo nyari contoh-contoh yang lain tentu kita bisa dapet seabrek cerita lain pula. Melalui dua cerita di atas saya pengin menunjukkan salah satu fenomena yang sedang terjadi di masyarakat, bahwa sebagian remaja muslim belum kenal sama Alloh. Hal itu bisa kita lihat dari kecilnya minat mereka buat belajar agama Islam, apalagi mengamalkan ajaran agamanya. Salah satu buktinya mereka tidak lagi menganggap sholat sebagai suatu hal yang penting, bahkan sering menganggap hal-hal yang berbau agama sebagai suatu topik yang menarik buat dijadikan suatu lawakan.

Wah kalo gitu banyak yang protes dong! Ah gak juga, saya kan udah ngasih statement kalo hal itu cuman terjadi pada sebagian remaja aja. Masalah besar atau kecilnya bagian itu bisa kita lihat sendiri di lingkungan masing-masing.


☺☺☺


Tanpa kita sadari sebagian dari kita emang belum sepenuhnya kenal sama Alloh. Ibarat seorang penulis, kita udah baca bukunya, udah tahu namanya tapi kita gak tau orangnya dan sifat-sifat penulis itu sendiri.

Ngomong-ngomong soal penulis, sebenarnya penulis bukanlah sebuah perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan keasingan kita sama Alloh. Orang yang nggak kenal sama Alloh boro-boro mo baca kitab-Nya, dengerin orang baca aja udah sewot sendiri. Beda dengan penulis, mungkin kita justru tahu tentang keberadaan penulis tersebut setelah baca bukunya. Namun, paling tidak penulis udah mampu sedikit menggambarkan apa yang ingin saya sampaikan kepada para pembaca bahwa kita sudah sering mendengan nama Alloh, namun belum sempurna mengenalnya.

Kenapa saya tega memvonis sebagian remaja seperti itu? Mungkin karena saya sendiri juga baru sadar bahwa selama ini sayapun kurang mengenal Alloh. Karenanya saya pengin ngajak temen-temen buat bersama-sama kenalan sama Alloh, Dzat yang menciptakan kita.

Sebagian remaja nganggep kalo mereka masih ‘kinyis-kinyis’ alias masih muda banget. Mereka sering salah mengartikan kalimat ‘Masa remaja adalah masa yang paling menyenangkan. So, jangan disia-siakan’. Kita nggak bisa memungkiri kebenaran statement di atas. Namun kita juga nggak bisa asal menafsirkan kalimat tersebut, apalagi menelan mentah-mentah. Kata ‘menyenangkan’ sering banget diidentikkan sama ketawa-tawa, hura-hura, foya-foya dan hal-hal lain tanpa memperhatikan kondisi sekitar, baik hokum, budaya maupun ajaran agama. Masa remaja tuch masa paling enak buat kebut-kebutan. Nggak peduli jalanan rame, nggak peduli ama kecelakaan, toch gue masih muda, mati gue masih lama. Kalo ketilang, ah gampang! Tinggal minta duit ma ortu, kelar!! Masa remaja juga paling asyik buat pacaran. Jomblo? Nggak ah! Pamali! Gimana kata temen-temen? Dikira gue gak laku dong! (emang jualan). Kalo pacaran gue kan bisa punya temen jalan, sharing, de el el.

Nah ini nih! Keliatan kan kalo kita belum sepenuhnya kenal ma Alloh? Kalo kita berpikiran gue masih muda, mati gue masih lama, kenapa juga temen-temen kita yang tabrakan bisa mati juga? Kenapa juga temen-temen yang masih muda gak bisa selamat dari bencana? Kenapa juga bayi yang lebih muda dari kita pun bisa ikut jadi korban? Cukup jadi bukti kalo Alloh nggak milih-milih umur kalo ngasih Azab kan?

Trus, kalo kita berpikiran kalo dengan pacaran kita bisa punya temen jalan n’ sharing, masa iya sich? Coba deh kenalan ma Alloh. Lo bakal tau kalo Alloh tuch deket banget ma kita. Dimanapun kita berada Alloh selalu menemani kita n’ siap jadi hero buat kita. Buat sharing? Wah Alloh itu paling asyik buat sharing. Tau sendiri kalo Alloh itu Maha Segala-galanya kan? Alloh itu Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Bijaksana, de el el. So, kalo kita sharing ma Alloh, Alloh udah tau banget apa yang jadi masalah kita n’ tau apa yang harus dilakuin buat kita. Kaya katanya M. Iwan Januar dalam karyanya, “Surga Juga Buat Remaja, Lho!!”, kita bisa curhat kepada Alloh kapan saja. So, nggak perlu calling, “Say, dateng dong, gue mo sharing nich!” N’ yang paling penting sharing ma Alloh bakal dapet solusi yang paling tepat banget deh!

Kalo pacaran identik sama ‘cinta itu buta’, sharing ma Alloh bakal bikin lo gak buta lagi, but lebih terbuka n’ lebih peka. Trus, banyak diantara temen-temen kita yang buta itu bener-bener rela dibutakan oleh cinta (cinta or nafsu yach?). Mereka gak peduli pacar mereka alim ato brandal, mo pacarnya minum-minuman keras kek, suka ngrokok kek, bolos nek eh kek, yang penting I love him/her. Waduh berarti pacar bisa jerumusin kita dong. Bandingin deh sama Alloh. Alloh Maha Pemberi Petunjuk!! So, aman-aman aja, cepetan deh sharing ma Alloh!


☺☺☺


Kamu mungkin sering beranggapan kalo orang-orang yang memegang teguh agamanya itu orang-orang yang kuno, ketinggalan jaman, gak cool de el el. Mmmm coba pikir deh, jangan-jangan kamu sendiri yang ketinggalan jaman. Ibarat kita hidup sebagai petani di jaman Majapahit, raja ngasih pengumuman bakal ada sayembara buat jadi orang kepercayaannya n’ dapet kedudukan yang tinggi. Semua orang pengin ikut sayembara itu tapi kamu gak ikut gara-gara kamu gak tau (kecian banget nich anak). Ato kamu tau ato males buat ikut. Akhirnya ya cuman jadi petani mulu.

Maksudnya apa sich, kok sampe Majapahit segala. Maksudnya, dalam kehidupan nyata sekarang ini ada sebuah sayembara untuk bisa dapetin kedudukan yang mulia di sisi Alloh Swt. Tapi kamu kehilangan kesempatan itu karena kamu gak pernah tau, gak pernah baca pengumuman di Al-Qur’an n’ gak pernah tertarik ama sayembara itu b’cause kamu lebih tertarik sama dunia glamour yang gak bakal kebawa ampe’ mati. Ketinggalan jaman gak sech? Di saat orang-orang lagi sibuk buat nyiapin masa depan abadinya, lo masih berkutat ama hal-hal semu duniawi. Kaya anak kucing yang dikasih mainan benang. Saking senengnya, cuman mainan benang terus (wah lucu nich anak kucing).


☺☺☺


Masih inget sama Inul? Wah siapa sich yang bakal lupa? Ahli ngebor yang hebat itu kan dah terkenal banget (kerja di pertambangan mana sich?) Kalo abad 20 kemaren dibilang jaman edan, enaknya abad ini disebut abad apa yach? Edan super ato edan 76 kali yah (wah kok jadi ngomongin rokok segala sich)

Fenomena yang kita liat sekarang bahwa yang namanya cewek, perempuan, wanita ato apalah istilah lainnya udah gak malu lagi buat ngelakuin hal-hal yang bertentangan ma budaya n’ agama. Boro-boro malu, bangga dong! Dengan bangganya mereka bergaya sedemikian rupa saat para cowok, laki-laki, pria ato istilah lainnya mlongo ato mlotot ngeliat tingkah mereka. Dengan lantangnya mereka nyebut-nyebut nama Alloh saat orang-orang memprotes tindakan mereka.

Kalo ditanya salah cewek ato cowok, mending ngeles n’ bilang salah keadaan aja deh. Kenapa cowok suka banget kalo ngeliat yang begituan (cewek kan pengin disenengin ma cowok). N’ kenapa cewek suka bergaya begituan (cowok kan suka ngeliat cewek). Wah jadi……….. ada siklusnya toch?!

Ngomong-ngomong daripada dapet protes dari kaum Hawa, perlu dicontohin dari kaum Adam juga kali yah. Ternyata yang bangga ma ngebornya Inul tuch gak cuman insane dangdut ma cewek-cewek doang. Cowok-cowok juga gak cuman pengin liat. Mereka bilang, “Gue juga bisa” n’ dengan pedenya ngebor dengan gaya cewek. Jaman sekarang di banyak acara televisi kita bisa liat cowok-cowok cantik. Seakan bumbu humor sinetron tuch cuman dari cowok-cowok bencis (buncis kali yah). Impas!! Kalo wanita nuntut kesamaan sama pria, dalam hal ini pria-wanita sama aja.

Sebenarnya apa seh yang dicari dari gaya seperti itu? Populeritas mungkin yang sering disebut-sebut. Remaja cewek yang bergaya ala Britney n’ Avril, pake baju obralan kurang bahan, or ala sapi “metal” dengan alasan pengin populer. Remaja cewek ato cowok pengin dikenal ma cewek ato cowok lain sampe-sampe gak sadar kalo mereka malah keliatan lucu dengan gaya mereka itu. Cocok sama lagu “Tumini”. Aduh buat apa seh populer segala? Kalo Avril dah nggak nge-boaming juga lo harus ganti gaya, gak punya pendirian. Katanya lo punya prinsip “Be yourself”. Kok niru-niru gitu, gak cool.

Oh ya, banyak dari kita yang suka ngelawan ortu ma guru biar keliatan gentle yah? Wah kata M. Iwan Januar, berbuat gak sopan itu berarti kamu gak cool. Lo gak gentle, gak dewasa (wah kok jadi marah-marah ndiri seh).

Balik ke kenal ato gak-nya kita ma Alloh, gaya pengejaran populeritas macam begono, nunjukkin kalo kita belum kenal ma Alloh. Gimana nggak? Emang kita nggak tau apa kalo yang nyiptain Britney, Avril, Greenday, Simpleplan or ruwetplan itu juga Alloh. Kenapa kita malah kagum ma mereka? Kenapa kita nggak kagum ma Alloh yang menciptakan mereka? Lagian mereka tuch cuman bisa kasih dosa ma kita. Gimana nggak? Demi Britney n’ populeritas kita rela pake baju minim kain or seksi. Demi Avril kita rela pake kutek item yang ngalangin air wudhu. Wah pahlawan kejahatan tuch mereka. Coba kalo kita kenal ma Alloh. Alloh udah kasih pahlawan kebaikan buat kita yang jadi idola seluruh dunia, nomor satu di Guiness Book of Record, yang lebih hebat dari pahlawan manapun, yang gak cuman jadi Indonesian Idol, American Idol, or American Idiot tapi udah jadi World Idol. Siapa lagi kalo bukan Nabi Muhammad Saw.

Nah udah seabrek-abrek gambaran gitu tentu kamu-kamu udah tau dong, kita dah kenal ma Alloh ato belom. Kalo udah, jangan cuman kenal dong, jadian ma Alloh biar jadi kekasih Alloh!

Kalo belom, sama-sama aja kenalan. Caranya:

a. Banyak sharing ma Alloh. Balikin semua masalah ma Alloh n’ jadikan Alloh satu-satunya tumpuan bergantung.

b. Banyak berdo’a n’ meminta karena cuman Alloh tempat meminta.

“Mohonlah karunia Alloh karena Alloh sangat senang sekali dimintai. Seutama-utama ibadah itu adalah menanti kelapangan” (H.R. Tirmidzi)

“Mohonlah kelapangan kepada Alloh, janganlah segan berdo’a sebab tidak seorangpun yang binasa karena do’a”

c. Banyak baca Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah firman Alloh. So, banyak baca Al-Qur’an artinya banyak tau tentang Alloh.

d. Cinta lingkungan n’ sesama karena banyak ilmu Alloh terdapat dalam makhluknya, termasuk diri kamu sendiri. Siapa tau kamu bisa kenal Alloh lewat diri kamu, temen ato lingkungan sekitar kamu.

e. Banggalah atas dirimu, but jangan takabur. Bersyukurlah Alloh telah menciptakan kamu as yourself seperti nabi Muhammad Saw yang selalu berdo’a:

“Ya Alloh, Engkau telah memperindah ciptaan dari diriku, maka perindahlah akhlakku.”

f. Carilah sahabat sebanyak-banyaknya. Cintai mereka karena Alloh, dan benci mereka karena Alloh. Ali bin Abi Tholib r.a. berkata:

“Sahabat adalah orang yang membuat kita menjadi benar, bukan orang yang selalu membenarkan kita.”


Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara kita untuk bisa lebih mengenal Alloh dan kita harus mulai untuk mengenal Alloh sejak saat ini. Jadikanlah setiap cobaan dan ujian yang Alloh berikan sebagai ‘bengkel hati’ dan tanda kasih serta perhatian Alloh kepada kita. Karena orang yang mengaku beriman selalu diuji oleh Alloh. Carilah cinta Allah. “Be sure Alloh always answer the pray of the people who search His love”.


Sumber:


1. Surga Juga Buat Remaja, Lho!

2. Annida

3. Putri

4. Hidayah

No comments: