Monday, July 23, 2007

Nikmat Waktu Luang atau Kesibukan?

"Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu di dalamnya adalah kesehatan dan waktu luang." (H.R. Bukhari)

Tiga sifat waktu (Budi Hartono;2006):
a) yang cepat berlalu
b) yang berlalu tidak akan kembali dan tidak dapat diganti
c) yang paling berharga bagi manusia

Bercerita tentang waktu dan waktu luang, suatu saat aku berdebat seru dengan seorang teman yang sekaligus ketua kelas, tentang perpindahan jadwal kuliah.
Hari: "Udah kita ganti hari RAbu aja biar bisa ke kampus."
Yani: Jangan Hari, Rabu kan libur. Udah gak usah diganti-ganti lagi. Itu jadwal yang paling bagus, apalagi dibanding kemarin. Sekarang kan kita jadi lebih bisa terpusat, mana yang harus kuliah, mana yang harus kegiatan di luar...
Hari: wah...enak yang kemarin. kosongnya cuman satu ato dua jam aja. kalau seharian gini aku bingung mo ngapain, gak ada kegiatan.
Yani: Iya, tapi kalo kosong kaya kemarin itu jadi tanggung klo kegiatannya jauh. jadi g bisa ikut. lagian sekarang kan klo ada tugas kita bisa ngerjain seharian, gak perlu nyari jam-jam kosong.
HAri: Iya, tapi kan aku gmn dong? aku klo di rumah paling tidur, ntar malah disuruh bantuin Bapakku.
Yani: Ya bagus itu. Berarti kesalahan bukan terjadi pada jadwal Anda. tapi pada diri Anda sendiri. nah klo jadwalnya kaya gini kan kamu bisa belajar cari kegiatan plus berbakti sama ortu. hehe...
Kata Dr. Marden (sapa sih ni?) begini:
"Setiap orang yang sukses, ia memiliki alat jaring meraih serpihan dan potongan-potongan waktu. Yang kami maksud adalah sisa-sisa hari atau bagian-bagian waktu terkecil yang sering oleh kebanyakan orang dihabiskan untuk menyia-nyiakan hidupnya."
Masih inget, awal-awal jadi mahasiswa :) dulu, yang katanya "Kalo udah jadi mahasiswa tuh bakalan sibuk." Aku justru merasa sebaliknya. Belum punya kesibukan, belum punya basecamp buat bersinggah. yang ada cuman ke perpus ato tempat2 umum yah...yang itu-itu aja. bahkan, buat ke kantin aja gak ada temennya. alhasil ni perut sering gak keisi dan melilit-lilit...sering kecape'an (Gdubrakkk) Uuuh padahal waktu itu...waktu sangatlah luang!
Mungkin benar, kita takkan pernah tahu apa yang telah kita dapatkan sampai kita kehilangan. Dalam keadaan seperti itu benar-benar terasa yang namanya "nikmat kesibukan", di mana kita bisa memaksimalkan diri.
Masih inget gimana rasanya mengejar deadline...dikejar-kejar kapodi sekretaris "Gimana? Handa, udah selesai?"
Atau ketika di forum dijadwalkan ada Pak Joni, sudah janjian dengan teman mo datang...ternyata teman-teman menuntut untuk menunggu mereka di lab. "Pokoknya Handa yang tanggung jawab. Ini pada dibantu ngedit PPTnya. Nanti dikunci. Kuncinya dibawa. Trus flashdisknya juga. Besok jangan lupa dikasihkan saya pagi-pagi sekali." Lagi-lagi Bu Kaprodi..Padahal, teman sudah menunggu. Akhirnya, waktu terlewat, hujan-hujan datang ke Balairung...dan semua sudah pulang..hiks...T_T
Di saat-saat seperti itulah, ketika kembali ke rumah, merebahkan diri di pembaringan, benar-benar terasa bahwa tidur, dengan melepas segala kepenatan fisik, tenaga, dan pikiran...benar-benar anugerah yang luar biasa! Sambil menunggu mata terlelap, mengingat-ingat hal-hal berharga yang sudah kita lalui seharian ....
Mungkin suatu saat kita berkata,”Uuuuh capek sekolah/kuliah! Aku pengin deh libur sehariiiii…aja buat ngerefresh kepalaku. Aku pengin deh sehari aja nggak mikir duduk dengerin dosen, tugas, organisasi…pokoknya istirahat, tidur, jalan-jalan atau apalah!” (Ups…dihayati, pengalaman nih)
Dalam keadaan seperti itu pula, bertemu seorang teman menjadi sangat menyenangkan. Mengunjungi tempat lama yang tidak didatangi adalah anugerah…yah…whatever is it…nikmatilah!!
Ketika mengingat kita pernah mengeluh, mungkin saat itulah kita tersenyum.(Handayani)
“Genggamlah hari lalu sebagai saksi yang adil
Keberadaanmu hari ini akan menjadi bukti
Kalau kemarin, kau telah berbuat kejelekan
Gandakan kebaikan hari ini, maka kau akan terpuji
Jangan menunda kebaikan hari ini hingga esok
Boleh jadi hari esok datang kau telah pergi
Hari-harimu bila dipergunakan
Kan mendatangkan kebaikan
Hari yang berlalu tak berlalu tak akan pernah
Kembali lagi….
(Yusuf Qardhawi)

2 comments:

Anonymous said...

Assalamualaikum wr wb, Handa atau Yani atau Sri atau S H Yani, banyak yah nama nya? Hehehe... Oh nama saya gilang, comment saya tentang tulisan handa.. MMmm(sambil mengernyitkan dahi) Eureka.. Luar Biasa.. Originale.. (berlebihan yah? hehehe) gak kok tapi seru aja baca gaya tulisan nya, terbilang baru dan berani, so keep writing yah Handa atau Sri atau Yani atau SH Yani, hehehe xD
Wassalamualaikum wr wb

letswritting said...

wa'alaykumussalam warohmatullah...
makasih ya
doakan deh moga tambah produktif